ANTIALIASING


Mengapa Resolusi Tinggi tetap Dibutuhkan

        Mereka yang sudah lama bergelut dengan dunia computer atau setidaknya mengikuti perkembangan graphics card maka tidak asing lagi mendengar istilah aliasing. Singkat kata, aliasing adalah Artifak atau ‘Noise’ yang timbul bila kita mencoba menampilkan sesuatu tanpa memastikan apakah informasi yang ditampilkan sudah tepat.
            Metode Anti-Aliasing yang diterapkan graphics card saat ini adalah edge anti-aliasing yang mengambil beberapa sample dari pixel yang berdekatan dengan pixel yang akan diproses – seringkali disebut multisample antialiasing (MSAA). Kerap kali MSSA dikategorikan menurut pola sampelnya : Ordered Grid, Rotated Grid Atau Jittered Grid. Keuntungan utama MSAA adalah kecepatan. Dengan Jittered Grid MSAA, hamper semua edge aliasing bias ‘disamarkan’. MSAA juga relative tetap ‘murah’ di resolusi tinggi – semakin besar resolusi, semakin efektif kompresi frame dan dept buffer – dua area memori yang banyak dipakai untuk MSAA. Singkat kata, penentu utama kinerja dengan MSAA adalah bandwidth memori graphics card dan kemudia fill rate.
            MSAA mempunyai beberapa kekurangan. Pertama, ia hanya bekerja pada pinggiran polygon. Kedua, karena ia tidak memproses aliasing pada teksture, ia gagal menghilangkan aliasing pada teksture dengan channel alpha (transparency) yang umum digunakan untuk pohon,dahan, dan rumput yang semakin sering terlihat di game saat ini.
            Makin maraknya penggunaan efek post processing, baik pohon, mation / depth blur dan multiple render target menyebabkan masalah baru – shader aliasing. Ini kerap terjadi bila efek post proseccing tidak memperhatikan masalah aliasing. Kita juga semakin sering melihat aliasing pada bayangan – shadow aliasing. Ini umumnya terjadi bila game tidak menggunakan percentage closer filtering (PCF) saat me-render shadow map.
   Di game-game baru, seringkali kita tetap melihat aliasing walau kita sudah mengaktifkan anti-aliasing dan anisotropic filtering. Mengaktifkan transparency / adaptie anti-aliasing bias mengatasi masalah aliasing pada teksture alpha channel, tapi penurunan kinerja yang terjadi bias sangat signifikan. Ia juga tidak akan sepenuhnya menghilangkan shader maupun shadow (bayangan) aliasing.
Saat ini, cara paling efektif yang bisa diambil pengguna PC adalah memperbesar resolusi yang digunakan. Semakin besar resolusi, aliasing yang terjadi semakin kecil dan tidak selalu terlihat – walau bukan berarti hilang semua aliasing yang tidak tertangani MSAA sudah sulit terlihat. Di resolusi 1920 x 1440 atau 1920 x 1080 ke atas, aliasing nyaris hilang dari gambar.
            Adapau besar aliasing yang sering terlihat di game-game saat ini, antara 2x,4x,8x dean 16x dan sekarang 16x versi 2